Mahasiswa Program Studi D3 Agribisnis Sekolah Vokasi UNS melaksanakan kegiatan Do It Yourself (DIY) Workshop Natural Solid Perfume By Velvet Veil sebagai upaya untuk penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa dan memenuhi Sustainable Development Goals (SDGâs) kriteria nomor (4) Pendidikan Berkualitas. Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2024 yang bertempat di Tanaku Kopi, Solo.
Kegiatan ini dihadiri oleh Dyah Ayu Suryaningrum, S.P., M.P.,M.B.A. selaku Dosen Pembimbing; Ghaida Sulaim AlGhumaidha selaku Mahasiswa D3 Agribisnis dan Pelaksana Kegiatan Workshop Natural Solid Perfume; Peserta workshop yang terdiri dari mahasiswa dan umum.
Kegiatan pelatihan pembuatan Natural Solid Perfume berbahan dasar minyak atsiri disambut antusiasme peserta workshop. Para peserta diajak belajar untuk membuat solid perfume berbahan dasar minyak atsiri serta mencium dan mengenali aroma-aroma khas dari setiap bahan. Selain itu, Peserta juga diberikan panduan langkah-langkah proses pembuatan parfum padat yang dimulai dari pemilihan aroma, pencampuran bahan, hingga pencetakan dan pengemasan parfum. Selanjutnya, peserta diajak untuk interaktif dengan aktif bertanya dan berbagi pengalaman mereka dalam menggunakan bahan-bahan alami.
Ghaida Sulaim AlGhumaidha selaku pelaksana kegiatan pelatihan pembuatan Natural Solid Perfume, dalam pemaparannya juga memberikan tips dan trik untuk menciptakan kombinasi aroma yang unik dan tahan lama sehingga harapannya peserta dapat menghasilkan produk natural solid perfume dengan aroma yang dipilih dan mendapatkan satu pack natural solid perfume hasil buatan sendiri.
Tujuan dari pelatihan pembuatan Natural Solid Perfume adalah untuk mendorong mahasiswa mengembangkan kemampuan berwirausaha dan menciptakan usaha baru di bidang jasa pelatihan sebagai salah satu strategi dalam memasarkan produk yang telah dibuat sehingga, harapan setelah diadakan kegiatan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa untuk terjun langsung dalam dunia wirausaha dan mengembangkan kompetensi wirausaha dengan mengadakan kegiatan pemasaran jasa sebagai salah satu strategi untuk promosi produk parfum yang telah dibuat.