Implementasi Tanggung Jawab Sosial PT. Jasa Raharja Mengajar Sebagai Social Security Bagi Masyarakat Indonesia yang diselenggarakan oleh PT. Jasa Raharja Perwakilan Surakarta dengan D3 Manajemen Administrasi
Program Studi D3 Manajemen Administrasi bersama dengan PT. Jasa Raharja Perwakilan Surakarta melaksanakan kegiatan sosialisasi pengenalan Jasa Raharja pada tanggal 16 Oktober 2024 yang bertempat di Aula LPPMP Lantai 4, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kegiatan Implementasi tanggung jawab sosial ini diadakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya mahasiswa D3 Manajemen Administrasi tentang jaminan sosial, keselamatan, perlindungan dari risiko kecelakaan dan sebagai social security bagi masyarakat Indonesia serta untuk memenuhi Sustainable Development Goals (SDG's) kriteria nomor (3) Kesehatan dan Kesejahteraan.
Kegiatan ini dihadiri oleh Hari Setiawan, ST. selaku Penanggung Jawab Samsat Surakarta; Astri Untari selaku Staf Administrasi Tk. I Perwakilan Surakarta; Arinta Kusuma Wardhani S.Ab., M.Si. dan Fahmi Ulin Ni'mah, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen pengajar Program Studi D3 Manajemen Administrasi; Mahasiswa D3 Manajemen Administrasi.
PT. Jasa Raharja Mengajar mengimplementasikan tanggung jawab sosial dengan mengadakan sesi pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya asuransi sosial dan perlindungan keselamatan. Selain itu, PT. Jasa Raharja Mengajar juga melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang layanan dan manfaatnya sebagai jaminan sosial, serta mengadakan program pendidikan di perguruan tinggi untuk mengedukasi mahasiswa mengenai keselamatan berkendara dan asuransi.
Pada kegiatan sosialisasi ini, PT. Jasa Raharja Mengajar melibatkan mahasiswa secara aktif melalui diskusi dan tanya jawab sehingga mahasiswa dapat memberikan umpan balik untuk menilai keberhasilan kegiatan. Mahasiswa D3 Manajemen Administrasi juga melakukan evaluasi untuk mengetahui dampak kegiatan terhadap pemahaman dan kesadaran masyarakat.
Tujuan diadakannya kegiatan Implementasi Tanggung Jawab Sosial PT. Jasa Raharja Mengajar agar masyarakat khususnya mahasiswa D3 Manajemen Administrasi mendapatkan pemahaman yang lebih baik akan pentingnya keselamatan berkendara dan langkah langkah pencegahan yang perlu diambil, sehingga muncul perubahan positif dalam perilaku masyarakat terkait keselamatan dan penggunaan layanan asuransi.
Kegiatan Implementasi Tanggung Jawab Sosial PT. Jasa Raharja Mengajar diharapkan tidak hanya memberikan dampak sosial yang signifikan, seperti pengurangan angka kecelakaan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan mendukung pembangunan berkelanjutan, tetapi juga meningkatkan hubungan baik antara PT. Jasa Raharja dan berbagai stakeholder untuk memperkuat kerjasama dalam mencapai tujuan sosial yang lebih besar.