Hari Rabu, 20 September 2023 Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Perdagangan (HMPSMPD) Sekolah Vokasi UNS menyelenggarakan pembukaan Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) dan Workshop Digitalisasi Produk yang bertempat di Pendopo Kantor Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura. Kegiatan ini dihadiri oleh Budiono S.H selaku Kepala Desa Pucangan; Miftahudin Nur Ihsan, S.Pd., M.B.A. selaku pembicara; Dr. Eng. Herman Saputro, S.Pd., M.Pd., M.T. selaku Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi Sekolah Vokasi UNS; Rohmawan Adi Pratama, S.E., M.B.A. selaku Kepala Program Studi D3 Manajemen Perdagangan Sekolah Vokasi UNS; serta para tamu undangan.
Rangkaian kegiatan diawali pembukaan oleh MC lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Arbelia selaku Ketua P2MD yang menyampaikan bahwa program yang akan dilaksanakan dua bulan kedepan yaitu pelaksanaan pendampingan, penyuluhan, dan peninjauan secara langsung kepada para pengelola UMKM. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Budiono S.H selaku Kepala Desa Pucangan yang menyampaikan rasa terima kasih kepada tim P2MD yang telah memberikan edukasi dalam rangka mengembangkan setiap UMKM yang dimiliki oleh para warga Desa Pucangan. Sambutan terakhir disampaikan oleh Dr. Eng. Herman Saputro, S.Pd., M.Pd., M.T. selaku Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi Sekolah Vokasi UNS yang menyampaikan bahwa P2MD merupakan bagian dari kegiatan perguruan tinggi dengan masyarakat yang dapat beriringan, beliau berharap agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan secara optimal guna memajukan UMKM yang dimiliki oleh warga setempat. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi Sekolah Vokasi UNS yang diserahkan kepada Kepala Desa Pucangan sebagai simbol pembukaan kegiatan P2MD. Lalu dilanjutkan acara utama yaitu workshop digitalisasi produk UMKM Pucangan Go Digital oleh Miftahudin Nur Ihsan, S.Pd., M.B.A. yang menyampaikan mengenai target pasar, potensi pemasaran digital, kunci pemasaran dengan cara memahami target pasar, serta bagaimana cara mendapatkan kepercayaan konsumen.
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengembangkan serta mendigitalisasi mengenai pemasaran produk yang berasal dari UMKM Desa Pucangan dikarenakan pemasaran produk sebelumnya terhitung masih sangat konvensional, sehingga target pasar yang dicapai akan semakin luas.