Diploma Tiga Manajemen Pemasaran

Home   /   Diploma Tiga Manajemen Pemasaran

Profil Image

Desy Mayasari, S.E., M.Sc.

Kepala Program Studi

Program studi D3 Manajemen Pemasaran berupaya untuk menyepadankan berbagai aspek sektor pendidikan vokasi dengan DUDIKA, baik melalui praktek mortar and brick dan mortar and click marketing. Selama ini, praktik pemasaran mortar and brick menekan porsi yang lebih besar dalam kurikulum. Pada tahun 2020, rekonstruksi kurikulum dilaksanakan melalui berbagai modifikasi dan inovasi dengan melibatkan DUDIKA. Situasi ini menjadi celah dan kesempatan melanjutkan penyempurnaan kurikulum untuk mengisi kebutuhan dalam menghasilkan tenaga kerja dengan keterampilan teknis yang handal bagi insan vokasi. Saat ini, peran Industri sangat krusial dalam mempersiapkan angkatan kerja vokasi yang berkualitas. Merespon kondisi tersebut, Program Studi D3 Manajemen Pemasaran melaksanakan kerja sama dengan DUDIKA dalam rangka memperkuat kompetensi Mahasiswa.

Khusus dalam bidang digital marketing, program studi melakukan pengembangan berkelanjutan mempersiapkan labolatorium sekelas industri untuk dapat memberikan benefit nyata kepada peserta didik vokasi, mitra strategis, dan masyarakat luas. Penguatan labolatorium yang memiliki kapasitas yang sama dengan DUDIKA, bermanfaat bagi mahasiswa merasakan exposure nyata dunia industri ketika menjalankan project-based learning, case-based learning, dan pada saat magang karena peserta didik telah familiar serta terampil memanfaatkan teknologi digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan industri. Selain itu, keterampilan peserta didik yang telah terupdate ditunjang dengan fasilitas yang relevan dengan industri, dapat memberikan solusi bagi perusahaan yang belum familiar dengan digital marketing. Melalui transfer pengetahuan dari anak didik kepada DUDIKA, diharapkan terjadi kolaborasi aktif antara stakeholder.

  • Gambaran Umum

    D3 Manajemen Pemasaran adalah program studi yang berkembang progresif dalam beradaptasi di era serba digital. Mahasiswa Prodi D3 berada dibawah naungan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) yang telah terakreditasi A (Sangat baik), Prodi D3 Manajemen Pemasaran telah berkolaborasi dengan mitra diantaranya dengan melakukan pemanfaatan laboratorium digital marketing yang telah dimiliki Prodi, untuk berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan mitra industri. Selain dapat memperkenalkan DUDIKA dengan praktik digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan dan sebaliknya, pengalaman mahasiswa melaksanakan magang maupun project dengan industri yang memiliki penerapan digital marketing yang kuat, turut mempersiapkan anak didik menjadi SDM unggul dan berdaya saing dalam lapangan kerja. Selain itu, keahlian teknis mahasiswa akan semakin mumpuni dengan project based learning dan case based learning sebagai bekal dalam mengasah kemampuan soft skills. Mahasiswa juga akan difasilitasi aktivitas pendukung seperti, Pembinaan Soft Skill mahasiswa melalui Achievement Motivation Training, Business Motivation Training, Pre-Job Training, Kuliah praktek lapangan di perusahaan nasional/multinasional, Program magang kerja di perusahaan skala nasional/multinasional yang diselenggarakan Internship & Career Development Center (ICDC) FE UNS, Job Fair and Student Expo.

    Beberapa mata kuliah unggulan yang dapat dipelajari oleh mahasiswa seperti, Brand Management, E- Business and E-Commerce, MICE, Marketing Research, Service Management, Retail Management, Sales Management, Marketing System Information Management, Sales System Information Management, Marketing Intelligence System, Database Marketing, Marketing Export Import Strategy, Mandarin Language in Commerce.

  • Keunggulan dan Spesifikasi Program Studi

    Aktivitas terkait data analytics dikenal dengan aktivitas strategic marketing. Mempertimbangkan peran krusial aktivitas strategic marketing dalam bidang pemasaran yang sangat penting, tetapi, bidang strategic marketing kurang dilirik dalam program studi sejenis. Penerapan pemasaran digital terintegrasi menjadikan keunikan dalam program studi D3 Manajemen Pemasaran. Keunikan Program studi D3 Manajemen Pemasaran yang dicirikan melalui integrated digital marketing, yang terdiri atas 5 aktivitas, yaitu strategic marketing and analytics, above the line marketing, below the line marketing, customer service and insight, serta content marketing. Keseluruhan aktivitas pemasaran digital ini akan menjadi keunikan program studi dalam menciptakan lulusan pendidikan vokasi yang kompeten, terampil, dan sesuai kompetensi dalam bidang pemasaran, khususnya pemasaran digital. Keunikan ini menjadi salah satu pintu masuk dalam menjalin sinergitas program studi dengan industri dalam menjalin kerja sama yang saling menguntungkan. Karena melalui integrated digital marketing activities, perusahaan mitra ataupun industri tidak mengalami kendala berarti dalam bidang marketing, karena Program studi D3 manajemen pemasaran telah memiliki berbagai aktivitas yang dapat dicustomized sesuai dengan kebutuhan industri

  • Visi, Misi, dan Tujuan

    Visi

    "Advancing Marketers, Bolstering Society"

    Advancing marketers: Program Studi akan selalu mendorong dan memfasilitasi pengembangan mahasiswa dan lulusannya agar dapat menjadi pemasar yang terdepan melalui aktivitas dan sumber daya handal yang dimiliki Program Studi.

    Bolstering society: Program studi senantiasa menjamin keberlangsungan program yang memiliki dampak berkelanjutan bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung,

    Misi

    1. Menyelanggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang applied global marketing yang menuntut pengembangan diri Dosen dan mendorong kemandirian Mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap;
    2. Menyelenggarakan penelitian yang berbasis pada penemuan baru di bidang applied global marketing
    3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat dalam applied global marketing.

    Tujuan

    Menghasilkan leader dalam bidang pemasaran global

  • Profil Lulusan

    Sales Executive / Business Development, Customer Service Staff, Account Manager, Digital Marketing Specialist, Marketing Communication Staff, Self-Entrepreneur

  • Fasilitas
    1. Ruang dosen
    2. Studio Konten
    3. Integrated Digital Marketing (Labolatory (IDM Lab.))
  • Laboratorium
    Integrated Digital Marketing Lab

  • Kerjasama
    1. Markplus
    2. PT. Tiga serangkai
    3. PT. Pegadaian
    4. Iykra
    5. PT. Tani Hub
    6. PLN
    7. PT. Kimia Farma, Tbk.
    8. PT Telkom Tbk.
    9. Perumda TSTJ
    10. Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASHEPI)
  • Daftar Admin
    Profil Image

    Maulana Bayu Cahya Rahaditya, A.Md.

    Profil Lengkap
  • Daftar Dosen
    Profil Image

    Desy Mayasari, S.E., M.Sc.

    desy.mayasari@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
    Profil Image

    Brian Gregory Adhihendra, S.E., M.Sc.

    briangre@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
    Profil Image

    Reno Firman Anriza Hirianto, S.E., M.Sc.

    reno.firman@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
    Profil Image

    Dea Farahdiba, S.E., M.Sc

    deafarahdiba@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
    Profil Image

    Lutfi Auliarahman, S.M., M.M.

    lutfi.auliarahman@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
Gelar dan Strata

A.Md - Diploma (D3)

Durasi Studi

6 Semester (estimated full-time study)

Kampus

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan Jebres Surakarta 57126

Akreditasi

Akreditasi Nasional: BAN-PT (A)