D3 Perpajakan Sekolah Vokasi UNS telah melangsungkan asesmen lapangan yang dilaksanakan pada 3-4 Juli 2025. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penilaian akreditasi yang dilakukan oleh asesor guna mengevaluasi, memvalidasi, dan mengklarifikasi data dalam Laporan Evaluasi Diri (LED). Kegiatan ini sekaligus memenuhi Sustainable Development Goals (SDGs) nomor (4) Pendidikan Berkualitas.
Kegiatan asesmen pada hari pertama, Kamis, 3 Juli 2025 diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Penelitian, dalam rapat pertemuan di Gedung Rektorat UNS kepada kedua asesor, yakni Dr. Supriyati, S.E., Ak., M.Si. dari Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya dan Arthaingan Helmina Mutiha, S.E., M.Ak., CA. dari Universitas Indonesia. Dalam rapat sambutan ini hadir pula di Prof. Dr. Eng. Ir. Herman Saputro, M.Pd., M.T., Dekan Sekolah Vokasi UNS beserta jajaran Wakil Dekan; Drs. Hanung Triatmoko, M.Si., Ak,CA, CPA, Ketua Program Studi Diploma Tiga Perpajakan; beserta DR. Anjar Sri Ciptorukmi Nugraheni S.H.,M.HUM, Sekretaris LPPMP UNS.
Kegiatan asesmen lapangan kemudian berpindah di Aula Sekolah Vokasi, Gedung LPPMP Lt. 4 UNS yang turut dihadiri oleh jajaran tenaga pendidik dari D3 Perpajakan. Acara asesmen lapangan ini diawali dengan konfirmasi kebijakan berkaitan dengan pengembangan, sistem tata pamong dan pengelolaan, serta capaian dan rencana pengembangan jangka panjang.
Pada sesi ini turut dipaparkan oleh Dekan Sekolah Vokasi UNS terkait standar mahasiswa D3 Perpajakan untuk menuju unggul. D3 Perpajakan menjadi program studi yang berada di nomor 7 untuk peminat vokasi terbanyak tingkat nasional dalam SNBP, hal ini menciptakan keketatan dalam pemilihan mahasiswa sehingga hanya mahasiswa terbaik yang akan dipilih. Kegiatan asesmen lapangan berlanjut dengan pertanyaan berkaitan dengan kebijakan berkaitan dengan pertanyaan terkait mitra program studi, kebijakan serkom, juga bentuk produk/jasa yang ditawarkan oleh program studi.
Kegiatan berlanjut dengan konfirmasi hasil dan efektivitas proses SPMI meliputi seluruh siklus PPEPP dengan pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, serta laporan berkala hasil SPMI di UPPS dan dilanjutkan pengecekan dokumen pendukung yang relevan dan valid.
Acara kemudian dilanjutkan dengan konfirmasi data dan informasi dalam DED oleh tim akreditasi. Pada kegiatan selanjutnya, terlaksana sesi konfirmasi aspek berkaitan dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi seperti Tridharma dan pengelolaan sumber daya meliputi keuangan, aset, fasilitas, sistem informasi, dan SDM. Kegiatan di hari pertama ditutup dengan konfirmasi saran serta kritik dari stakeholder internal berkaitan dengan output dan input UPS.
Pada hari kedua 4 Juli 2025 asesmen lapangan, Arthaingan H. Mutiha, SE., M.AK., CA selaku asesor didampingi langsung oleh Kepala Program Studi Diploma Tiga Perpajakan, Drs. Hanung Triatmoko, M.Si., Ak., melakukan visitasi untuk pengecekan fasilitas sarana dan prasarana yang digunakan oleh mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan. Pengecekan ini mencakup Gedung Sekretariat SPMB, Perpustakaan, Medical Center, Javanologi sebagai ruang kelas, Klinik Akuntansi Kampus Mesen, serta UNS Inn, guna memastikan kelayakan dan kelengkapan fasilitas pendukung proses pembelajaran dan administrasi.
Dalam rangka memastikan kualitas dan efektivitas pelaksanaan program akademik, tim asesor juga melakukan konfirmasi menyeluruh yang meliputi evaluasi kinerja, tingkat keterlibatan, pelayanan, serta kepuasan dosen dan mahasiswa sebagai bagian dari pengumpulan data yang akurat dan komprehensif untuk dasar penilaian akreditasi. Setelah proses verifikasi dan evaluasi lapangan selesai, asesor menyusun draft berita acara dan rekomendasi akreditasi yang kemudian disampaikan kepada pimpinan Unit Penyelenggara Program Studi (UPPS) atau Perguruan Tinggi (PT) untuk dilakukan pengecekan dan validasi. Tahapan ini merupakan langkah krusial dalam menjamin transparansi, akuntabilitas, serta peningkatan mutu program akademik secara berkelanjutan.
Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sesi penandatanganan dan penyampaian rekomendasi hasil asesmen lapangan yang disampaikan secara langsung oleh tim asesor. Rekomendasi tersebut meliputi pengembangan perangkat lunak berskala internasional, penguatan keterampilan, baik soft skill maupun hard skill, seperti peningkatan kemampuan komunikasi dan negosiasi, serta perluasan jaringan kemitraan.
Acara hari kedua asesmen lapangan ditutup dengan sambutan dari Dekan Sekolah Vokasi, Prof. Dr. Eng. Ir. Herman Saputro, M.Pd., M.T. yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim asesor atas kesempatan yang diberikan untuk meninjau secara langsung profil Program Studi Diploma Tiga Perpajakan serta atas berbagai rekomendasi konstruktif yang telah disampaikan. Selain itu, Beliau juga menanggapi pertanyaan dari tim asesor terkait posisi strategis Program Studi Diploma Tiga Perpajakan, khususnya mengenai alasan belum dibukanya Program Sarjana Terapan. Beliau menegaskan bahwa terdapat berbagai tantangan yang harus dihadapi sebelum pembukaan program studi baru. Oleh karena itu, Program Studi Diploma Tiga Perpajakan dinilai masih sangat diminati oleh masyarakat dan tetap relevan dalam memenuhi kebutuhan dunia kerja saat ini.
Asesmen lapangan yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAMEMBA) ini diharapkan menjadi landasan strategis bagi pengembangan program studi Diploma Tiga Perpajakan secara berkelanjutan, sehingga mampu menciptakan lulusan yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki integritas dan profesionalisme tinggi yang dapat terserap di bidang perpajakan dan sektor terkait lainnya.