Research Group “Komunikasi Visual” dari Program Studi Diploma Tiga Desain Komunikasi Visual Sekolah Vokasi UNS Selenggarakan Acara Sarasehan Pengembangan Bisnis dan Branding

Research Group “Komunikasi Visual” Program Diploma Tiga Desain Komunikasi Visual sukses menyelenggarakan acara sarasehan bertema “Pengembangan Bisnis dan Branding Untuk Pengembangan Organisasi Perkumpulan Crafter Solo Raya” pada 17 Juni 2025 bertempat di Ruang Madukara, Lt.2 Gedung UNS Inn. Kegiatan ini merupakan bagian dari  implementasi penelitian yang  bertujuan untuk memberikan wawasan tentang pengembangan bisnis dan branding organisasi, serta sebagai forum sumbang saran untuk pengembangan komunitas Crafter Solo Raya setelah menjadi organisasi berbadan hukum PERKUMPULAN, sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor (17) Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan.

Kegiatan inspiratif ini dihadiri oleh tamu penting dari pihak mitra kerjasama antara lain; Gunawan Setiawan dan Mintorogo selaku Penasehat Crafter Solo Raya; Titik Hanindipto Indrawati selaku perwakilan Apindo Solo. Hadir pula Narasumber yang menjadi pengisi materi yakni Malik Cahyadin, S.E., M.Si., Ph.D. selaku Ketua Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM LPPM-UNS; dan Irfan Sutikno selaku Profesional dan Konsultan Branding. Serta tim peneliti, Nidyah Widyamurti, S.Sn., M.I.Kom. selaku ketua; Dr. Alfan Setyawan, M.Sn.; Dedy E. Timbul Prayoga, M.Sn.; IGN. Tri Marutama, M.Sn. selaku anggota.  

Kegiatan ini dihadiri oleh 60 peserta, terdiri dari 4 tamu kehormatan, 43 anggota UMKM Crafter Solo Raya, 4 tim peneliti, serta 13 mahasiswa pendamping dan periset lapangan. Acara diawali dengan materi “Strategi Pengembangan Bisnis untuk Organisasi Perkumpulan” oleh Malik Cahyadin, S.E., M.Si., Ph.D., yang kemudian dilanjutkan diskusi mengenai situasi perdagangan, dinamika pengelolaan usaha, peningkatan kapasitas, dan strategi adaptasi UMKM agar dapat berperan aktif dan berkembang di tengah persaingan pasar.

Selanjutnya, materi kedua disampaikan oleh Irfan Sutikno dengan judul “Strategi Pengembangan Bisnis untuk Pengembangan Organisasi Perkumpulan,” yang mendapat antusiasme tinggi dari para peserta. Diskusi pun berlangsung mengenai peran branding dalam suatu organisasi, cara membangun dan mengelola branding tersebut, serta target-target yang ingin dicapai. Pada kesempatan ini, narasumber juga melakukan kurasi terhadap karya desain logo dan identitas merek yang dibuat oleh mahasiswa Program Studi D3 Desain Komunikasi Visual, sebagai identitas baru komunitas Crafter Solo Raya. UMKM Crafter Solo Raya sangat antusias menyambut ide penciptaan identitas tersebut dan menantikan segera penerapan ide kreatif tersebut dalam komunitas mereka.

Kegiatan sarasehan ini dirancang khusus sebagai sebuah wadah yang inspiratif dan interaktif bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tergabung dalam komunitas Crafter Solo Raya. Melalui forum ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan komprehensif mengenai berbagai strategi pengembangan bisnis serta teknik branding yang efektif dan relevan dengan dinamika pasar saat ini. Dengan bekal pengetahuan dan wawasan yang diperoleh, para pelaku UMKM diharapkan mampu mengimplementasikan langkah-langkah inovatif dalam mengelola usaha mereka, sehingga dapat mendorong pertumbuhan bisnis secara signifikan dan membawa mereka ke level yang lebih maju dan kompetitif di masa depan.

Bagikan:

Facebook
X
LinkedIn
WhatsApp

Berita Terkait