Visi

“Menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan dan unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional pada tahun 2044”

Visi SV UNS diuraikan dalam 4 (empat) perspektif sebagai definisi operasional sebagai berikut:

  1. Sumber Daya Manusia
    SV UNS melaksanakan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi terampil, kompeten, dan memiliki daya saing tinggi, baik pada level nasional maupun internasional.
  2. Berkelanjutan
    SV UNS menjalani proses perbaikan peningkatan kualitas yang berlangsung secara berkesinambungan dan terus menerus secara dinamis berdasar standar akreditasi dan pemeringkatan, baik pada level nasional maupun internasional.
  3. Unggul
    SV UNS berorientasi pada proses dan hasil prima yang melampaui standar maksimal butir-butir penilaian akreditasi pendidikan tinggi nasional (BAN atau LAM) dan lembaga pemeringkat internasional, serta membekali para lulusan dengan memiliki kompetensi tinggi sesuai bidangnya.
  4. Nilai luhur budaya nasional
    SV UNS berpegang teguh pada nilai luhur budaya bangsa sebagai semangat penatalaksanaan tridharma perguruan tinggi sekaligus mengembangkan nilai luhur budaya bangsa dalam membentuk karakter lulusan. Nilai luhur budaya nasional adalah cara pandang dunia dan paradigma yang berbasis pada kearifan dan budaya nasional, yang akan menjadi basis keunikan.

Misi

Visi SV UNS dirancang untuk memberi landasan kuat bagi tata laksana kebijakan, serta pengelolaan program dan kegiatan di SV UNS dalam kurun waktu tahun 2020 – 2044 yang dijabarkan kedalam 3 (tiga) misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa agar menjadi lulusan yang kompeten dan berdaya saing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan yang mengarah pada penciptaan teknologi dan produk barang maupun jasa yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada penguatan dan pemberdayaan masyarakat.

Tujuan

Untuk melaksanakan misinya, Sekolah Vokasi UNS menetapkan arah tujuan pengembangan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian terapan tertentu dengan menjunjung tinggi etika, mampu berinteraksi dengan lingkungan, dan siap bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Menghasilkan teknologi dan produk barang maupun jasa hasil penelitian terapan yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menghasilkan produk hasil pengabdian kepada masyarakat dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan segenap lapisan masyarakat.

Strategi Pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan

Untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan Sekolah Vokasi UNS yang telah ditetapkan maka dirumuskan strategi pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan menurut tahapan pengembangan, yaitu :

  1. Sasaran Tahap I (2019-2023) : Penguatan Tata Kelola dan Jaringan Kerjasama. Pada tahap ini, Sekolah Vokasi UNS memprioritaskan program yang mengarah pada pengembangan sistem tata kelola menuju terwujudnya good governance dengan pencapaian target 50% Program Studi terakreditasi A; peningkatan kemandirian; dan peningkatan kompetensi dosen dan lulusan.
  1. Sasaran Tahap II (2023-2027) dan Tahap III (2027-2031) : Akselerasi Reputasi Internasional. Pada tahap ini, Sekolah Vokasi UNS memprioritaskan program yang mengarah pada pengembangan dosen dan lulusan berkualitas internasional; penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan reputasi internasional; dan pengembangan center of excellences.
  1. Sasaran Tahap IV (2031-2035) dan Tahap V (2035-2039) : Berkontribusi di Tingkat Internasional. Pada tahap ini, Sekolah Vokasi UNS memprioritaskan program dan kegiatan yang mengarah kepada produk yang memberi kontribusi kepada bangsa Indonesia dan di tingkat internasional.

Sekolah vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta memiliki tujuan yaitu menghasilkan lulusan yang kompeten, menghasilkan teknologi dan produk barang maupun jasa hasil penelitian terapan, yang bermanfaat bagi masyarakat, dan menghasilkan karya berkualitas sebagai produk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penguatan dan pemberdayaan masyarakat. Dalam rangka mewujudkan sekolah vokasi yang terpandang di mata dunia internasional, Sekolah Vokasi UNS dipimpin oleh orang-orang terpilih, yang memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki sekolah vokasi, dan dipercaya untuk mengelola sekolah vokasi dalam rangka mencapai tujuannya.

Mengemban tugas sebagai pemimpin merupakan beban berat dan tanggungjawab yang besar, namun dengan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari mahasiswa, sivitas akademik, dan seluruh staff yang terlibat maka tujuan, visi, dan misi sekolah Vokasi pasti bisa terwujud