Diploma Tiga Manajemen Administrasi

Home   /   Diploma Tiga Manajemen Administrasi

Profil Image

Irsyadul Ibad, S.AB., M.ed., M.Si.

Kepala Program Studi

Selamat datang di website Program Studi D3 Manajemen Administrasi, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

Pada masa pandemi Covid-19, selain memberikan banyak tantangan juga membawa berbagai peluang dan kebaikan untuk berbagai pihak. Dunia perkantoran saat ini sudah mulai terbiasa dengan adaptasi kebiasaan baru, khususnya dengan menjalankan protokol kesehatan dan menggunakan berbagai teknologi dan media untuk aktivitas perkantoran. Adaptasi kebiasaan baru tersebut dapat membuat kolaborasi internasional semakin terbuka lebar dengan memanfaatkan aplikasi teleconferencing secara masif.

Peran Teknologi Informasi pada perkantoran modern banyak mengubah sistem administrasi perkantoran. Pekerjaan dahulunya cukup dikerjakan secara manual, saat ini kerap memanfaatkan Teknologi Informasi. Program Studi D3 Manajemen Administrasi memberikan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam bidang administrasi perkantoran berbasis teknologi informasi. Lulusan menguasai ilmu administrasi perkantoran dan teknologi informasi terbaru, dengan gelar Ahli Madya (A.Md). Berdasarkan data kelulusan masa tunggu lulusan tidak lebih dari 6 bulan, sehingga lulusan dapat terserap di dunia kerja.

  • Gambaran Umum

    Program Studi D3 Manajemen Administrasi merupakan salah satu program studi di bawah naungan Sekolah Vokasi UNS pada Departement Administrasi Sosial dan Humaniora. Program Studi D3 Manajemen Administrasi, SV UNS menekankan penguasaan praktik dibidang administrasi perkantoran, baik pada instansi pemerintah maupun swasta.

    Mahasiswa Program Studi D-3 Manajemen Administrasi, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret diharapkan memiliki :

    1. Pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen, administrasi perkantoran, dan manajemen sistem informasi;
    2. Keterampilan madia yang diperlukan oleh pimpinan dalam melaksanakan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pemberian motivasi dan pengawasan dalam;
    3. Kemampuan memilih teknik manajemen yang sesuai dengan kebutuhan situasional organisasi dan merancang administrasinya;
    4. Kepekaan untuk memahami karakteristik rekan kerja dan klien;
    5. Kemampuan untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan dinamika internal dan eksternal organisasi; dan
    6. Kemampuan untuk menciptakan dan memelihara hubungan kerja yang profesional.
  • Keunggulan dan Spesifikasi Program Studi

    Program Studi D3 Manajemen Administrasi, SV UNS menekankan penguasaan praktik dibidang administrasi perkantoran, baik pada instansi pemerintah maupun swasta berbasis teknologi. Peran Teknologi Informasi pada perkantoran modern banyak mengubah sistem administrasi perkantoran. Pekerjaan dahulunya cukup dikerjakan secara manual, saat ini kerap memanfaatkan Teknologi Informasi. Program Studi D3 Manajemen Administrasi memberikan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam bidang administrasi perkantoran berbasis teknologi informasi. Lulusan menguasai ilmu administrasi perkantoran dan teknologi informasi terbaru.

    Keunggulan Program Studi D-3 Manajemen Administrasi, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret yaitu:

    1. Mahasiswa akan diajarkan tentang prinsip-prinsip manajemen, administrasi perkantoran, kearsipan dan manajemen sistem informasi;
    2. Lulusan diharapkan dapat melaksanakan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pemberian motivasi dan pengawasan dalam;
    3. Diajarkan tentang teknik manajemen yang sesuai dengan kebutuhan situasional organisasi dan merancang administrasinya;
    4. Diajarkan tentang cara penyesuaian-penyesuaian dengan dinamika internal dan eksternal organisasi; dan kemampuan untuk menciptakan dan memelihara hubungan kerja yang profesional.
    5. Diajarkan tentang kearsipan baik manual maupun berbasis teknologi
    6. Diajarkan tentang entrepreneurship
    7. Berbasis proyek serta adanya program magang sehingga membuat mahasiswa mengetahui proses di dunia kerja
  • Visi, Misi, dan Tujuan

    Visi

    “Menjadi program studi vokasi yang unggul di bidang manajemen administrasi pada tahun 2025 dengan bertumpu pada nilai-nilai luhur budaya nasional”


    Misi

    1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional yang mengedepankan pengembangan diri dosen dan kemandirian mahasiswa agar menjadi lulusan yang kompeten dan berdaya saing di bidang manajemen administrasi;
    2. Menyelenggarakan penelitian terapan yang mengarah pada penciptaan teknologi, produk barang maupun jasa yang bermanfaat bagi masyarakat di bidang manajemen administrasi;
    3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada penguatan dan pemberdayaan masyarakat di bidang manajemen administrasi.

    Tujuan

    1. Menghasilkan ahli madya yang profesional di bidang manajemen administrasi yang memiliki kemampuan komunikasi serta menjunjung tinggi nilai-nilai etika;
    2. Menghasilkan temuan-temuan penelitian dalam bidang manajemen administrasi yang memberi kontribusi pemecahan masalah bagi dunia usaha, pemerintah, dan masyarakat dan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dalam bidang manajemen administrasi di tingkat nasional dan internasional.
  • Profil Lulusan
    1. Office Administrative (Administrasi Kantor)

      Asisten Ahli Madya mampu menjalankan tugas-tugas yang mendukung administrasi bisnis dan administrasi perkantoran sesuai dengan prosedur kerja seperti membuat naskah, lembar kerja dan bahan presentasi, menggunakan peralatan kantor, mengoperasikan teknologi informasi dalam mengelola data keuangan, sumber daya manusia dan pemasaran serta melakukan pengarsipan secara manual dan elektronik. 

    2. Corporate Secretary (Sekretaris Perusahaan)
      Asisten Ahli Madya mampu melakukan fungsi resepsionis, pelayanan prima dan menjalankan tugas-tugas administrasi seperti membuat naskah, lembar kerja dan bahan presentasi, menerima dan meneruskan telepon masuk kepada yang dituju, menggunakan peralatan kantor, menerima dan meneruskan surat/dokumen kepada yang dituju, menerima dan mengantar tamu, memasukan data dan melakukan pengarsipan secara manual dan elektronik.

    3. Entrepreneur (Wirausaha)
      Asisten Ahli Madya mampu mengembangkan ide bisnis yang memanfaatkan kreatifitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu serta dapat memanfaatkan peluang dalam mengolah sumber daya yang ada menjadi suatu produk yang memiliki nilai tambah, dan menjalankan bisnis dengan tetap berpedoman pada etika bisnis.

    4. Asisten Ahli Madya
      Asisten Ahli Madya mampu mengembangkan ide bisnis yang memanfaatkan kreatifitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu serta dapat memanfaatkan peluang dalam mengolah sumber daya yang ada menjadi suatu produk yang memiliki nilai tambah, dan menjalankan bisnis dengan tetap berpedoman pada etika bisnis.Dapat berisi ringkasan kompetensi lulusan.
  • Daftar Admin
    Profil Image

    Inggar Bagaswara, S.M.

    -

    Profil Lengkap
  • Daftar Dosen
    Profil Image

    Irsyadul Ibad, S.AB., M.ed., M.Si

    irsyadulibad@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
    Profil Image

    Ida Setya Dwi Jayanti, S.E., M.M

    idasetyadj@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
    Profil Image

    Arinta Kusumawardhani, S.AB., M.Si

    arintakusumawardhani@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
    Profil Image

    Chairul Huda Atma Dirgatama, S.Pd., M.Pd

    chairul_huda@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
    Profil Image

    Mutiara Auliya Khadija S.Kom, M.Eng

    mutiaraauliya@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
    Profil Image

    Fahmi Ulin Ni'mah, S.Pd., M.Pd

    fahmiulin@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
    Profil Image

    Hanum Kartikasari, S.Pd., M.Pd.

    hanumkartikasari@staff.uns.ac.id

    Profil Lengkap
Gelar dan Strata

A.Md - Diploma (D3)

Durasi Studi

6 Semester (estimated full-time study)

Kampus

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan Jebres Surakarta 57126

Akreditasi

Akreditasi Nasional: BAN-PT