Korupsi merupakan suatu tindakan mengambil hak yang bukan miliknya sendiri. Korupsi adalah tindakan luar biasa yang penanganannya juga harus ditindak secara luar biasa. Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) diperingati setiap tanggal 9 Desember. Adanya peringatan ini merupakan upaya penyadaran masyarakat akan pentingnya mengawal kegiatan apapun khususnya kegiatan publik untuk tetap pada jalurnya.

Tema peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) pada tahun 2020 ini adalah “Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi.” Melihat realitanya dimana permasalahan korupsi walaupun terkendali tetapi sampai sekarang semakin bertambah, kita sebagai masyarakat harus selalu mengingat pentingnya memerangi tindak korupsi khususnya kepada diri sendiri. Semua berawal dari kesadaran diri karena tindakan korupsi terjadi karena integritas kita rendah. Apabila dengan rendahnya integritas diri dan adanya peluang maka tindakan korupsi akan terjadi.

Akhir-akhir ini lembaga pemberantasan korupsi KPK berhasil menangkap beberapa koruptor. Tidak tanggung-tanggung, yang melakukan tindakan korupsi adalah pejabat publik yang memiliki jabatan tinggi. Kita harus mengapresiasi tinggi tekad dan semangat KPK dalam menjalankan tugas memberantas tindakan korupsi. Dengan tertangkapnya para koruptor maka hak yang seharusnya bukan milik mereka namun hak milik orang banyak menjadi terselamatkan.

Sudah sepatutnya para koruptor mendapat hukuman yang maksimall karena sudah mengambil hak milik orang banyak. Tindakan korupsi sangat merugikan negara dan masyarakat, selain merugikan juga menghambat jalannya kegiatan yang seharusnya menggunakan dana yang dikorupsi tersebut. Bahkan mungkin dana tersebut untuk keperluan kebutuhan hidup masyarakat banyak.

Pencegahan korupsi merupakan upaya kolektif yang tidak bisa hanya diperjuangkan oleh KPK sendiri. Kita sebagai elemen masyarakat juga mempunyai kewajiban untuk membantu. Kita bisa mulai dari diri sendiri dan lingkungan kita sendiri. Cara sederhana yang bisa dimulai dari diri kita adalah untuk selalu jujur dan mengingat betul bahwa ada hak orang lain yang bukan milik kita yang apabila hak tersebut kita ambil akan sangat merugikan orang lain. Semoga dengan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di setiap tahunnya bisa mengingatkan kita semua supaya tidak melakukan tindakan yang merugikan orang lain dan dapat meminimalisir tindakan korupsi kedepannya.

 

Tags: , , , , , , ,