Memasuki era inovasi pembelajaran 4.0 pelaku pendidik khususnya guru dihadapkan pada tantangan pengembangan media ajar digital. Banyak Guru yang kesulitan mencari referensi sumber belajar untuk diimplementasikan dalam keseharian. Berangkat dari permasalahan tersebut penggiat IT dari Prodi Diploma III Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret menciptakan sumber belajar terbuka bagi Guru-Guru dan masyarakat.

edupaudi.id merupakan wadah untuk mempublikasikan proses pembelajaran yang telah dilakukan guru-guru terhadap anak didik. Fitur yang disediakan edupaudi.id berisikan video edukasi, artikel edukasi, audio edukasi, dan gambar edukasi. Diawali dari guru-guru yang tergabung dalam HIMPAUDI Kec. Colomadu media ini digunakan untuk mempublikasikan hasil proses belajar di masing-masing sekolah.

Harapan dari hadirnya media ini dapat dijadikan sumber belajar bagi guru-guru atau masyarakat untuk menerapkan pembelajaran karakter bagi anak didik. Dan member yang dapat menjadi kontributor dalam edupaudi.id tidak terbatas guru dari HIMAPUDI kec. Colomadu saja, semua guru secara nasional dengan motivasinya untuk mengembangkan pendidikan dapat menjadi member dan menggunakan media ini untuk mempublikasikan hasil belajarnya.


Gambar : Pelatihan IT Guru-Guru HIMAPAUDI

Gambar : Pelatihan IT Guru-Guru HIMAPAUDI

Sosialisasi dan diskusi penggunaan aplikasi media online edupaudi.id dilakukan pada hari Minggu tanggal 27 Oktober 2019 bertempat di KB Ayah Bunda Colomadu Kab. Karanganyar. Dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh pengurus HIMAPUDI kec. Colomadu dan beberapa guru serta perwakilan dosen dari Prodi Diploma III Teknik Informatika UNS Bp. Agus Purbayu, M.Kom. dibantu mahasiswa. Kegiatan ini merupakan hasil Tri Dharma Perguruan Tinggi UNS yaitu kegiatan pengabdian di tahun 2019 yang diketuai oleh Fendi Aji Purnomo, S.Si., M.Eng.

Serah terima penggunaan media belajar online tersebut secara simbolik dilakukan dari Perwakilan UNS yaitu Fendi Aji Purnomo, S.Si., M.Eng. diserahkan kepada  Pimpinan HIMPAUDI kec. Colomadu dan KB Ayah Bunda Colomadu. Ibu Wiwin Lawandriati selaku Pimpinan HIMAPUDI Kec. Colomadu menyatakan sangat senang dengan hadirnya media edukasi ini. Harapan beliau, semoga dengan hadirnya media aplikasi ini dapat memotivasi bagi guru-guru untuk terus belajar dan menggunakan IT dalam membantu menerapkan pendidikan karakter pada anak didik.


Gambar : Penyerahan penggunaan media edupaudi.id keepada Pimpinan HIMPAUDI Kec. Colomadu

Gambar : Penyerahan penggunaan media edupaudi.id kepada Pimpinan KB Ayah Bunda Kec. Colomadu

Source : Program Diploma III Teknik Informatika UNS

(BSD)