Sri Anggarini P., S.SiT., M.Kes.


Kepala Program Studi

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semua.
Dengan mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan nikmat, rahmat, dan hidayah-Nya sehingga website Program Studi D III Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret dapat digunakan sebagai media informasi kepada masyarakat.

Diploma tiga Kebidanan merupakan salah satu Program Studi unggulan di lingkungan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret yang telah menerima mahasiswa baru sejak tahun 2010 dan hingga saat ini telah menghasilkan lulusan tenaga ahli madya bidan yang bekerja di berbagai instansi, baik pemerintah, swasta, BUMN, serta wirausaha (Praktik Mandiri Bidan).
Program Studi D III Kebidanan berkomitmen untuk menghasilkan lulusan ahli madya kebidanan yang kompeten dan unggul. Komitmen ini ditunjukkan dengan diperolehnya peringkat akreditasi Unggul (Akreditasi A) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes) tahun 2019-2023. Penerapan kurikulum telah menyesuaikan dengan standar SN-DIKTI, dengan menekankan kompetensi kebidanan yang Up to date mengikuti perkembangan sesuai kebutuhan di masyarakat dengan komposisi 60% praktik dan 40% teori. Lulusan diploma tiga kebidanan tidak saja dibekali ilmu pengetahuan kebidanan yang luas dan komprehensif tetapi juga dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi informasi (IT) serta penguasaan bahasa Inggris yang memadai sehingga mampu bersaing di era digital masa kini.
Profil lulusan yang dikembangkan oleh Program Studi ini adalah sebagai seorang bidan yang mampu memberikan pelayanan kebidanan pada kehamilan, persalinan dan bayi baru lahir, nifas, KB, bayi, balita pada kondisi normal, melakukan deteksi dini dan penanganan awal kegawatdaruratan di masyarakat (komunitas). Selain itu lulusan dapat berperan sebagai tenaga bidan yang memiliki kemampuan enterpreneurship yang didukung dengan esensi teknologi informasi sehingga diharapkan mampu memberikan penguatan terhadap daya saing lulusan pada era revolusi 4.0.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, program studi D III Kebidanan SV UNS secara berkesinambungan menyesuaikan perkembangan yang ada melalui peninjauan kurikulum yang telah disesuaikan dengan standar SN-DIKTI, kebutuhan dari pengguna lulusan, pengembangan sumber daya manusia baik dosen maupun tenaga kependidikan, pemantapan telaah keilmuan dan penggunaan teknologi, serta pengembangan proses pembelajaran student centered learning serta Inter Profesional Education (IPE) untuk meningkatkan kompetensi lulusan vokasi kebidanan. Dengan demikian, diharapkan perjalanan Diploma III Kebidanan Universitas Sebelas Maret dapat mencetak lulusan yang bersesuaian dengan cita-cita institusi dan mampu berdaya guna dan berhasil guna di masyarakat serta ikut serta dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui Tridharma PT yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Gambaran Umum Prodi

D3 Kebidanan merupakan salah satu program studi departemen Kesehatan di Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan akreditasi B. Mahasiswa akan mempelajari pengetahuan dan skill di bidang kebidanan. Mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi bidan yang memiliki kompetensi leadership dalam memimpin teamwork dan mengembangkan kemampuan kerjasama antar profesi untuk memberikan pelayanan kesehatan dapat dikuasai, lulusan mampu memberikan asuhan kebidanan berdasarkan evidence based, Kemandirian lulusan dalam mengembangkan karirnya sebagai bidan melalui jiwa wirausaha (entrepreneurship) sehingga mampu menyusun business plan sebagai prasyarat bagi pembukaan Praktik Mandiri Bidan (PMB) setelah menempuh pendidikan profesi, Klinik dan Rumah Sakit Ibu dan Anak.

D3 Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) telah bekerjasama dengan beberapa instansi untuk mendukung pembelajaran mahasiswa seperti RSUD Dr. Moewardi, RSUD Kota Surakarta, RSUD Banyudono Boyolali, RSU Assalam Gemolong Sragen, RSUD Sragen, RSUD Karanganyar, RSUD Sukoharjo, Rumah Bersalin (RB) Barokah Pajang Surakarta, Rumah Bersalin (RB) Annisa Surakarta, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Amanah Ibu Surakarta, National Taipei University of Nursing and Health Science.

Keunggulan dan Spesifikasi Prodi

Program studi D3 Kebidanan Sekolah Vokasi UNS unggul dalam melaksanakan asuhan kebidanan komunitas melalui pendekatan kolaborasi antar profesi (pembelajaran IPE/Interprofesional Education di komunitas).

Visi

“Menjadi Program Studi Kebidanan yang bereputasi nasional, menghasilkan lulusan yang kompeten dan unggul, berorientasi pada kebidanan komunitas.”


Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan D III Kebidanan yang bermutu tinggi sesuai standar pendidikan, standar kompetensi dan kurikulum yang ditetapkan secara nasional dan institusional serta menjamin lulusan yang memiliki penguasaan/kemampuan dalam bidang kebidanan komunitas;
  2. Mengembangkan penelitian yang terkait dengan permasalahan Kebidanan Komunitas;
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang komunitas yang relevan, akuntabel sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
  4. Menyelenggarakan tata kelola Program Studi D III Kebidanan berasaskan good governance.

Tujuan

  1. Terwujudnya Program Studi D III Kebidanan sebagai institusi Pendidikan bereputasi nasional;
  2. Terciptanya lingkungan Program Studi D III Kebidanan yang mendorong warganya dalam mengembangkan kemampuan diri secara optimal yang berorientasi kebidanan komunitas;
  3. Terwujudnya pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing di dunia kerja;
  4. Terciptanya wahana pengembangan IPTEK kebidanan komunitas yang berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat;
  5. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna dan berkelanjutan.

Strategi Pencapaian VMTS

  1. Meningkatkan kerja sama dengan stake holder terutama dalam penyusunan kurikulum agar lulusan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Memanfaatkan sarana, prasarana, serta teknologi pendidikan yang tersedia untuk penguatan implementasi kurikulum.
  3. Peningkatan upaya penjaminan mutu melalui koordinasi dengan LPPMP UNS
  4. Mendorong dosen dan mahasiswa untuk memanfaatan sistem informasi yang ada secara optimal, mencari peluang dana hibah dengan memanfaatkan research group untuk pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat.
  5. Meningkatkan kualitas lulusan baik dari segi soft skill maupun dari segi hard skill dengan pengembangan program kegiatan kemahasiswaan yang ada.

Profil Lulusan

  1. Sebagai Care Giver yaitu berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan pada kehamilan, persalinan dan bayi baru lahir, nifas, KB, bayi, balita pada kondisi normal, melakukan deteksi dini dan penanganan awal kegawatdaruratan sesuai standar opersional prosedur (SOP) dan kode etik profesi pada tatanan pelayanan kesehatan.
  2. Sebagai komunikator untuk memberikan informasi dalam asuhan kebidanan dan pendidikan kesehatan pada hamil, nifas, masa remaja, prakonsepsi, pre menopause yang dibutuhkan oleh keluarga dan masyarakat sesuai dengan kewenangan.

Daftar Dosen

Sri Anggarini Parwatiningsih, S.SiT., M.Kes.

anggarini@staff.uns.ac.id

More Information

Erindra Budi Cahyanto, S.Kep., Ns., M.Kes.

erindrabudi@staff.uns.ac.id

More Information

Angesti Nugraheni, S.St.,M.Kes.

angestinugraheni@staff.uns.ac.id

More Information

Ika Subekti Wulandari S.Kep., Ns., M.Kep.

ika_subekti07@staff.uns.ac.id

More Information

M.Nur Dewi Kartika, S.St., M.Kes.

dewi1812@staff.uns.ac.id

More Information

Ropitasari, S.Si.T., M.Kes.

ropita.3179@staff.uns.ac.id

More Information

Anis Laela Megasari, S.Tr.Kep., M.Tr.Kep.

anislaelamegasari@staff.

uns.ac.id

More Information

Rizka Adela Fatsena, S.St., M.Keb.

rizkaaf@staff.uns.ac.id

More Information

Dr. Sri Mulyani, S.Kep.Ns.,M.Kes.

srimulyani67@staff.uns.ac.id

More Information

Mujahidatul Musfiroh, S.Kep., Ns., M.Si.Med.
mujahidatul_m@staff.uns.ac.id

More Information

Fresthy Astrika Yunita, S.St., M.Kes.

fresthy@staff.uns.ac.id

More Information

Wiwin Winarni, S.Kep., Ns., Msn.

wiwin_winarni88@staff.uns.ac.id

More Information

Hardiningsih, S.S.T.,M.Kes.

hardiningsih@staff.uns.ac.id

More Information

Cahyaning Setyo Hutomo, S. St., M. Kes.

hardiningsih@staff.uns.ac.id

More Information

Daftar Staff Admin

Maecelina Hestin Ambarsari, S.S.T., M.K.M.

Fasilitas

  1. Ruang kuliah
  2. Ruang skills lab praktik kebidanan
  3. Ruang dosen
  4. Ruang Kaprodi
  5. Ruang Admin (tenaga kependidikan)
  6. Ruang himpunan mahasiswa

Laboratorium

  1. Laboratorium Keteramplilan Dasar Praktik Kebidanan
  2. Laboratorium pemeriksaan kehamilan
  3. Laboratorium persalinan
  4. Laboratorium nifas
  5. Laboratorium BBL
  6. Laboratorium pemeriksaan bayi, balita, anak pra sekolah
  7. Laboratorium pelayanan KB
  8. Laboratorium konseling dan pendidikan kesehatan
  9. Laboratorium kebidanan komunitas
  10. Laboratorium biomedik (anatomi, fisiologi, histologi, biokimia, mikrobilologi dan parasitologi, biologi reproduksi) yang terintegrasi dengan Fakultas Kedokteran
  11. Laboratorium farmakologi yang terintegrasi dengan Fakultas Kedokteran

Kerjasama

Kerjasama Pendidikan

  • RSUD Pandan Arang Boyolali
  • RSUD Karanganyar
  • RSU Natalia Boyolali
  • RSU Indo Sehat Karanganyar
  • RSIA Dian Pertiwi Karanganyar
  • Klinik Pratama Auliya Husada
  • Klinik Belia Holistic Care
  • Klinik Griya Husada 2 Karanganyar
  • PMB Ina Susanti
  • PMB Santi Vilamakirti

 

  • PMB Aning Suryo Sri Hidayat
  • PMB Retno Heni Kusumowati
  • PMB Siti Romlah
  • PMB Rony Sunarsih
  • PMB Mamik Sri Murtini
  • PMB Widanarti

Kerjasama Penelitian

  • Prodi DIII Kebidanan Universitas Kusuma Husada Surakarta

Testimoni

Gemintang Antartika Ubriyanto
Alumni
Exchange participants sawasdee 32 in thamasat university, Thailand

“Kelebihan kuliah kebidanan di universitas itu bisa menadi sebuah pengalaman berharga. Berkat UNS saya bisa mengikuti program exchange keluar negeri, mengikuti kompetisi dan berkolaborasi dengan berbagai program studi selain kesehatan, mengembangkan penelitian dengan dosen dosen yang sangat suportif dan lingkungannya sangat mendukung untuk berkembang. Kami sebagai mahasiswi d3 kebidanan dibimbing untuk beretika sopan santun terutama dalam etika profesi dan teman sejawat sejak bangku perkuliahan. Berkat D3 Kebidanan UNS, saya mampu melihat peluang karir yang lebih luas dari bidang pendidikan dan pekerjaan terutama dalam pengembangan softskill yang sangat baik.”

Audina Solicha
Alumni
Nusantara Sehat

“Kebidanan UNS telah menjembatani banyak impian menjadi kenyataan. Memberikan peran optimal sebagai program studi sekaligus support system terbaik bagi mahasiswinya untuk berkembang. Kebebasan berekspresi itu nyata. Semoga jaya selamanya Kebidanan UNS, semangat go International!”

Brian Sahar
Alumni
Bidan fasilitator kelas ibu hamil @temaniibu
Asisten Penelitian di Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK UGM

“Berkuliah jurusan kebidanan di sebuah universitas adalah sebuah privilege, selain belajar ilmu kebidanan, saya dapat kesempatan belajar kolaborasi antar profesi kesehatan baik dalam Interprofessional Education dan dalam berorganisasi. UNS menyediakan banyak fasilitas upgrade softskill, hal ini banyak membantu saya di dunia kerja saat ini.”

Susi Handayani
Mahasiswa

“Perkuliahan di Prodi Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret sangat menyenangkan dan efektif sehingga saya mudah menerima ilmu yang diberikan oleh dosen pengampu yang professional di bidangnya masing-masing. Materi yang diberikan dalam proses pembelajaran sangat up to date sehingga bermanfaat menambah ilmu dan wawasan dari teori sampai pengaplikasian praktik di lapangan, suasana kelas yang selalu hidup dengan diskusi-diskusi menarik serta para dosen –dosen yang membantu kita untuk dapat lebih berani dalam bertanya dan mencoba mempraktikkan teori kebidanan yang sudah didapatkan agar lebih mendalami keterampilan praktik kebidanan. Harapannya Prodi Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret dapat terus eksis dan melahirkan Bidan yang professional di era globalisasi dan ikut berperan dalam membangun negeri kita tercinta Indonesia di bidang Kebidanan maupun kesehatan. Saya bangga menjadi Mahasiswa Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.”

Theresia Setyo Rosita
Mahasiswa

“Kuliah di UNS sangat menyenangkan dengan dosen dosen yang kompeten dibidang kebidanan serta fasilitas yang memadai. Disini saya mendapatkan banyak pembelajaran dengan memiliki tujuan yang mulia membantu sesama wanita melahirkan. Di dukung suasana belajar yang nyaman, menjadikan mahasiswa yang cerdas dan cekatan. Saya bangga menjadi salah satu bagian dari UNS D3 Kebidanan.”